Sabtu, 29 Januari 2011

SHIDQ DALAM PERSPEKTIF HADIS

Oleh : Muh. Ikhsan

I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Ajaran islam adalah ajaran yang bersumber pada wahyu Allah, Al-Qur’an dalam penjabarannya terdapat pada hadis Nabi Muhammad SAW. Masalah akhlak dalam Islam mendapat perhatian yang sangat besar. Berdasarkan bahasa, akhlak berarti sifat atau tabiat. Berdasarkan istilah, akhlak berarti kumpulan sifat yg dimiliki oleh seseorang yang melahirkan perbuatan baik dan buruk. Menurut Al-Ghazali akhlak adalah sifat yg tertanam dalam jiwa seseorang, darinya lahir perbuatan yang mudah tanpa pertimbangan pikiran terlebih dahulu. Akhlak meliputi jangkauan yang sangat luas dalam segala aspek kehidupan. Akhlak meliputi hubungan hamba dengan Tuhannya (vertikal) dalam bentuk ritual keagamaan dan berbentuk pergaulan sesama manusia (horizontal) dan juga sifat serta sikap yang terpantul terhadap semua makhluk (alam semesta).
Bagi seorang muslim, akhlak yang terbaik ialah seperti yang terdapat pada diri Nabi Muhammad SAW karena sifat-sifat dan perangai yang terdapat pada dirinya adalah sifat-sifat yang terpuji dan merupakan uswatun hasanah yaitu contoh teladan terbaik bagi seluruh kaum Muslimin. Allah swt sendiri memuji akhlak Nabi Muhammad SAW di dalam Al-Quran sebagaimana firman-Nya dalam Surah Al-Qalam [68]: 4 yang berbunyi :

“Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar berakhlak agung.”
Siti Aisyah ketika ditanya tentang akhlak Rasulullah, ia menjawab: ”Akhlaknya adalah Al-Qur’an.” Ini sebagai bukti bahwa semua nilai-nilai akhlak yang ada dalam Al-Qur’an telah terpatri dalam kehidupan dan menyatu dalam kepribadian Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari.
Rasulullah SAW memerintahkan umatnya untuk berakhlak baik seperti yang terkandung dalam hadis: “Orang mukmin yang paling sempurna keimanannya adalah yang paling baik akhlaknya.” Akhlak-akhlak baik (mahmudah) meliputi : ikhlas, sabar, syukur, khauf (takut kemurkaan Allah), raja’ (mengharapkan keridhaan Allah), jujur (shidq), adil, amanah, dan tawadhu (merendahkan diri sesama muslim). Selain menjaga akhlak mahmudah, seorang muslim juga harus menghindari akhlak madzmumah yang meliputi: tergesa-gesa, riya’ (melakukan sesuatu dengan tujuan ingin menunjukkan kepada orang lain), dengki (hasad), takabbur (membesarkan diri), ‘ujub (kagum dengan diri sendiri), bakhil, buruk sangka, tamak dan pemarah. Dalam pembahasan ini penulis hanya menjabarkan akhlak mahmudah terutama yang menyangkut kejujuran (shidq).
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana kualitas sanad dan matn hadis shidq ?
2. Bagaimana bentuk-bentuk shidq menurut hadis ?
3. Bagaimana manfaat dan balasan terhadap orang-orang yang berkata jujur ?

II. PEMBAHASAN
A. Takhrij Hadis tentang Shidq
Secara etimologi, kata takhrij adalah bentuk masdar dari kata kharaja-yakhruju, sebagai bentuk fi’il tsulasii mazid dari kata kharaja, terdiri dari huruf: kha, ra dan jim. Makna dasarnya ada dua, yakni penebusan sesuatu dan perbedaan dua warna. Bentuk derivasi yang lain dari takhrij adalah kata takhrîjan berarti menampakkan, mengeluarkan, menerbitkan, menyebutkan, dan menumbuhkan. Maksudnya menampakkan sesuatu yang tidak atau sesuatu yang masih tersembunyi, tidak kelihatan dan masih samar. Penampakan dan pengeluaran di sini tidak mesti berbentuk fisik yang konkret, tetapi mencakup nonfisik yang hanya memerlukan tenaga dan pikiran seperti makna kata istikhrâj yang diartikan istinbâth yang berarti mengeluarkan hukum dari nash/teks Al-Qur’an dan hadis. Sedangkan secara terminologi, takhrij adalah kegiatan mengeluarkan atau pencarian hadis yang terkait dengan persoalan yang akan dikaji melalui berbagai kitab-kitab hadis yang mu’tabar sebagai sumber asli hadis dimaksud, termasuk di dalamnya dikemukakan secara lengkap sanad dan matnnya.
Dengan merujuk—secara operasional—kepada kitab Miftah Kunûz al-Sunnah dan Mu’jâm Mufahras li Alfâz al-Hadîs al-Nabawiy dan melalui alat bantu CD Maktabat al-Syâmilah melalui penelusuran kata shidqu, shadaqah, al-shâdiq, al-shaduq, dan al-shiddîqan, sejumlah hadis yang berkaitan dengan “kejujuran” dapat ditemukan.
Berdasarkan penelusuran penulis dalam beberapa hadis, diperoleh beberapa informasi yang beragam mengenai sanad dan matn hadis tentang shidq (kejujuran) dengan jumlah 213 riwayat, yaitu :
1. Shahih Bukhari terdapat 14 hadis antara lain adalah:
a. Bab alamat an-nubuwwah fi al-islâm. hadis nomor 3765, 3853, 6629, 6634
b. Bab hadis al-ghar hadis nomor 2333, 2272, 2215, 5974, 3465.
c. Bab fadhhlu man syahida Badran hadis nomor 3765
d. Bab qaulullahu taala”yaa ayyuhalladzina amanu ittaqu allah wa kunu maa
as-shadiqin nomor 5743

2. Shahih Muslim terdapat 15 hadis antara lain adalah:
a. Bab ru’ya an-nabi shallallahu alaihi wa sallam nomor 2272
b. Bab qubhu al-kadzib wa husnu as-shidqi wa fadhluhu hadis nomor 2607, 6803, 6804, 6805, 6806,
3. Sunan Abu Daud terdapat 3 hadis masing-masing adalah:
a. Bab fi at-tasydid fi al-kadzib nomor 4991, 4989
b. Bab aina tushaddiq amwal hadis nomor 1592
4. Sunan at-Tirmidzi sebanyak 6 hadis antara lain adalah:
a. Bab ma jaa fii as-shidqi wa al-kadzib hadis nomor 2099
b. Bab a’qaluha wa tawakkal hadis nomor 2708, 2518
c. Bab as-shidq wa al-kadzib hadis nomor 1971
5. Sunan Ibnu Majah terdapat 8 hadis antara lain adalah:
a. Bab ijtinab al-bida’i wa al-jadali hadis nmomor 46,48
b. Bab ta’bir ar-ru’ya hadis nomor 4055
c. Bab dzikru ad-dailami wa fadlu qazwin hadis nomor 2779
6. Sunan ad-Darimiy sebanyak 3 hadis masing-masing adalah:
a. Bab fi al-kadzib hadis nomor 2771, 2715
b. Bab fi al-qumashi, wa al-bi’ri, wa allaban, wa al’asali hadis nomor 2158
7. Muwattha’ Malik , sebanyak 6 hadis antara lain adalah:
a. Bab ma ja’a fi as-shidqi wa al-kadzib hadis nomor 1792, 3627, 1829
8. Musnad Ahmad Ibn Hanbal sebanyak 126 hadis antara lain adalah:
a. Musnad Abu Bakr As-Shiddiq hadis nomor 48, 49, 50, 51, 52, 53, 54, 55.
b. Musnad hasan ibn aly hadis nomor 1746, 1752, 1721, 1722, 1723, 1724, 1725, 1726, 1727, 1728.
c. Musnad Abdullah Ibn Mas’ud hadis nomor 3710, 3800, 3922, 4190, 4273,
d. Musnad Abdullah Ibn Amrin hadis nomor 6800
e. Musnad Abi Hurairah hadis nomor 8824
f. Hadis Ka’ab ibn Malik hadis nomor 27937
g. Hadis al-abbas hadis nomor 3633, 3634, 3635, 3636, 3637, 3638, 3639, 3640, 3641, 3642.
9. Sunan Al-Baihaqi sebanyak 17 hadis antara lain adalah:
a. Bab man kana munkasyif al-kadzib hadis nomor 21338, 21339
b. Bab as-sya’ir yamdahu an-nas bi maa laisa hadis nomor 21668
c. Bab man halafa ala syaiin wa huwa yara hadis nomor 20435
d. Bab kaifa yastahibbu an takuna al-khuthbata hadis nomor 6014
10. Sunan an-Nasa’i sebanyak 15 hadis antara lain adalah:
a. Bab al-qisthu fi as-shidqi hadis nomor 69
b. Bab hazzu as-saif hadis nomor 7650
c. Bab masalatul mu’afat wa dzikru ikhtilaful alfadz hadis nomor 17021
d. Bab surah Thaha hadis nomor 11326

B. Susunan Sanad dan Matan Hadis Shidq
1. Riwayat al-Bukhari
1973 - حدثنا سليمان بن حرب حدثنا شعبة عن قتادة عن صالح أبي الخليل عن عبد الله بن الحارث رفعه إلى حكيم بن حزام رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم ( البيعان بالخيار ما لم يتفرقا أو قال حتى يتفرقا فإن صدقا وبينا بورك لهما في بيعهما وإن كتما وكذبا محقت بركة بيعهم

3765 - حدثني محمد بن العلاء حدثنا أبو أسامة عن بريد عن جده أبي بردة عن أبي موسى - أراه - عن النبي صلى الله عليه و سلم قال : ( وإذا الخير ما جاء الله به من الخير بعد وثواب الصدق الذي آتانا بعد يوم بدر )

5743 - حدثنا عثمان بن أبي شيبة حدثنا جرير عن منصور عن أبي وائل عن عبد الله رضي الله عنه : عن النبي صلى الله عليه و سلم قال ( إن الصدق يهدي إلى البر وإن البر يهدي إلى الجنة وإن الرجل ليصدق حتى يكون صديقا وإن الكذب يهدي إلى الفجور وإن الفجور يهدي إلى النار وإن الرجل ليكذب حتى يكتب عند الله كذابا )


2. Riwayat Muslim.

2272 ) حدثنا أبو عامر عبدالله بن براد الأشعري وأبو كريب محمد بن العلاء
( وتقاربا في اللفظ ) قالا حدثنا أبو أسامة عن بريد عن أبي بردة جده عن أبي موسى : عن النبي صلى الله عليه و سلم قال رأيت في المنام أني أهاجر من مكة إلى أرض بها نخل فذهب وهلي إلى أنها اليمامة أو هجر فإذا هي المدينة يثرب ورأيت في رؤياي هذه أني هززت سيفا فانقطع صدره فإذا هو ما أصيب من المؤمنين يوم أحد ثم هززته أخرى فعاد أحسن ما كان فإذا هو ما جاء الله به من الفتح واجتماع المؤمنين ورأيت فيها أيضا بقرا والله خير فإذا هم النفر من المؤمنين يوم أحد وإذا الخير ما جاء الله به من الخير بعد وثواب الصدق الذي أتانا الله بعد يوم بدر

2607 -حدثنا زهير بن حرب وعثمان بن أبي شيبة وإسحاق بن إبراهيم ( قال إسحاق أخبرنا وقال الآخران حدثنا ) جرير عن منصور عن أبي وائل عن عبدالله قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم إن الصدق يهدي إلى البر وإن البر يهدي إلى الجنة وإن الرجل ليصدق حتى يكتب صديقا وإن الكذب يهدي إلى الفجور وإن الفجور يهدي إلى النار وإن الرجل ليكذب حتى يكتب كذابا

6804 - حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِى شَيْبَةَ وَهَنَّادُ بْنُ السَّرِىِّ قَالاَ حَدَّثَنَا أَبُو الأَحْوَصِ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ أَبِى وَائِلٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِنَّ الصِّدْقَ بِرٌّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى إِلَى الْجَنَّةِ وَإِنَّ الْعَبْدَ لَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا وَإِنَّ الْكَذِبَ فُجُورٌ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِى إِلَى النَّارِ وَإِنَّ الْعَبْدَ لَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ كَذَّابًا »

6805 - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ وَوَكِيعٌ قَالاَ حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ ح وَحَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ عَنْ شَقِيقٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِى إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِى إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِى إِلَى النَّارِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا ».

3. Riwayat Sunan Abu Daud

4991 - حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِى شَيْبَةَ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ أَخْبَرَنَا الأَعْمَشُ ح وَحَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دَاوُدَ حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ عَنْ أَبِى وَائِلٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِى إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِى إِلَى النَّارِ وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا وَعَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِى إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى إِلَى الْجَنَّةِ وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا ».

2099 - حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنِ الأَعْمَشِ عَنْ شَقِيقِ بْنِ سَلَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِى إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِى إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِى إِلَى النَّارِ وَمَا يَزَالُ الْعَبْدُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا »

4989 - حدثنا أبو بكر بن أبي شيبة ثنا وكيع أخبرنا الأعمش ح وثنا مسدد ثنا عبد الله بن داود ثنا الأعمش عن أبي وائل عن عبد الله قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم " إياكم والكذب فإن الكذب يهدي إلى الفجور وإن الفجور يهدي إلى النار وإن الرجل ليكذب ويتحرى الكذب حتى يكتب عند الله كذابا وعليكم بالصدق فإن الصدق يهدي إلى البر وإن البر يهدي إلى الجنة وإن الرجل ليصدق ويتحرى الصدق حتى يكتب عند الله صديقا " .

4. Sunan At-Tirmidzi

2708 - حَدَّثَنَا أَبُو مُوسَى الأَنْصَارِىُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ إِدْرِيسَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ بُرَيْدِ بْنِ أَبِى مَرْيَمَ عَنْ أَبِى الْحَوْرَاءِ السَّعْدِىِّ قَالَ قُلْتُ لِلْحَسَنِ بْنِ عَلِىٍّ مَا حَفِظْتَ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ حَفِظْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « دَعْ مَا يَرِيبُكَ إِلَى مَا لاَ يَرِيبُكَ فَإِنَّ الصِّدْقَ طُمَأْنِينَةٌ وَإِنَّ الْكَذِبَ رِيبَةٌ »

2099 - حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنِ الأَعْمَشِ عَنْ شَقِيقِ بْنِ سَلَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِى إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِى إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِى إِلَى النَّارِ وَمَا يَزَالُ الْعَبْدُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا »

1971 - حدثنا هناد حدثنا ابو معاوية عن الأعمش عن شقيق بن سلمة عن عبد الله بن مسعود قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم عليكم بالصدق فإن الصدق يهي إلى البر وإن البر يهدي إلى الجنة وما يزال الرجل يصدق ويتحرى الصدق حت يكتب عند الله صديقا وإياكم والكذب فإن الكذب يهدي إلى الفجور وإن الفجور يهدي إلى النار وما يزال العبد يكذب ويتحرى الكذب حتى يكتب عند الله كذابا

2518 - حدثنا أبو موسى الأنصاري حدثنا عبد الله بن إدريس حدثنا شعبة عن بريد بن أبي مريم عن أبي الحوارء السعدي قال قلت للحسن بن علي : ما حفظت من رسول الله صلى الله عليه و سلم ؟ قال حفظت من رسول الله صلى الله عليه و سلم دع ما يريبك إلى مالا يريبك فإن الصدق طمأنينة وإن الكذب ريبة


5. Sunan Ibnu Majah

48 - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدِ بْنِ مَيْمُونٍ الْمَدَنِىُّ أَبُو عُبَيْدٍ حَدَّثَنَا أَبِى عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرِ بْنِ أَبِى كَثِيرٍ عَنْ مُوسَى بْنِ عُقْبَةَ عَنْ أَبِى إِسْحَاقَ عَنْ أَبِى الأَحْوَصِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « إِنَّمَا هُمَا اثْنَتَانِ الْكَلاَمُ وَالْهَدْىُ فَأَحْسَنُ الْكَلاَمِ كَلاَمُ اللَّهِ وَأَحْسَنُ الْهَدْىِ هَدْىُ مُحَمَّدٍ أَلاَ وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الأُمُورِ فَإِنَّ شَرَّ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ أَلاَ لاَ يَطُولَنَّ عَلَيْكُمُ الأَمَدُ فَتَقْسُوَ قُلُوبُكُمْ أَلاَ إِنَّ مَا هُوَ آتٍ قَرِيبٌ وَإِنَّمَا الْبَعِيدُ مَا لَيْسَ بِآتٍ أَلاَ إِنَّ الشَّقِىَّ مَنْ شَقِىَ فِى بَطْنِ أُمِّهِ وَالسَّعِيدَ مَنْ وُعِظَ بِغَيْرِهِ أَلاَ إِنَّ قِتَالَ الْمُؤْمِنِ كُفْرٌ وَسِبَابُهُ فُسُوقٌ وَلاَ يَحِلُّ لِمُسْلِمٍ أَنْ يَهْجُرَ أَخَاهُ فَوْقَ ثَلاَثٍ أَلاَ وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ لاَ يَصْلُحُ بِالْجِدِّ وَلاَ بِالْهَزْلِ وَلاَ يَعِدِ الرَّجُلُ صَبِيَّهُ ثُمَّ لاَ يَفِىَ لَهُ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِى إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِى إِلَى النَّارِ وَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِى إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى إِلَى الْجَنَّةِ وَإِنَّهُ يُقَالُ لِلصَّادِقِ صَدَقَ وَبَرَّ. وَيُقَالُ لِلْكَاذِبِ كَذَبَ وَفَجَرَ. أَلاَ وَإِنَّ الْعَبْدَ يَكْذِبُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا ».

4055 - حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلاَنَ حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ حَدَّثَنَا بُرَيْدٌ عَنْ أَبِى بُرْدَةَ عَنْ أَبِى مُوسَى عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « رَأَيْتُ فِى الْمَنَامِ أَنِّى أُهَاجِرُ مِنْ مَكَّةَ إِلَى أَرْضٍ بِهَا نَخْلٌ فَذَهَبَ وَهَلِى إِلَى أَنَّهَا يَمَامَةُ أَوْ هَجَرٌ فَإِذَا هِىَ الْمَدِينَةُ يَثْرِبُ وَرَأَيْتُ فِى رُؤْيَاىَ هَذِهِ أَنِّى هَزَزْتُ سَيْفًا فَانْقَطَعَ صَدْرُهُ فَإِذَا هُوَ مَا أُصِيبَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ أُحُدٍ ثُمَّ هَزَزْتُهُ فَعَادَ أَحْسَنَ مَا كَانَ فَإِذَا هُوَ مَا جَاءَ اللَّهُ بِهِ مِنَ الْفَتْحِ وَاجْتِمَاعِ الْمُؤْمِنِينَ وَرَأَيْتُ فِيهَا أَيْضًا بَقَرًا وَاللَّهُ خَيْرٌ فَإِذَا هُمُ النَّفَرُ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ أُحُدٍ وَإِذَا الْخَيْرُ مَا جَاءَ اللَّهُ بِهِ مِنَ الْخَيْرِ بَعْدُ وَثَوَابِ الصِّدْقِ الَّذِى آتَانَا اللَّهُ بِهِ يَوْمَ بَدْرٍ ».

2779 - حدثنا محمد بن يحيى . ثنا أبو داود . ح وحدثنا محمد بن عبد الملك الواسطي . ثنا يزيد بن هرون . ح وحدثنا علي بن المنذر . ثنا إسحق بن منصور كلهم عن قيس عن أبي حصين عن أبي صالح عن أبي هريرة قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : ( لولم يبق من الدنيا إلا يوم لطوله الله عز و جل حتى يملك رجل من أهل بيتي يملك جبل الديلم والقسطنطينية )

6. Sunan Ad-Darimy

2771- أَخْبَرَنَا عُثْمَانُ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ إِدْرِيسَ الأَوْدِىِّ عَنْ أَبِى إِسْحَاقَ عَنْ أَبِى الأَحْوَصِ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ يَرْفَعُ الْحَدِيثَ إِلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ :« إِنَّ شَرَّ الرَّوَايَا رَوَايَا الْكَذِبِ ، وَلاَ يَصْلُحُ مِنَ الْكَذِبِ جِدٌّ وَلاَ هَزْلٌ ، وَلاَ يَعِدُ الرَّجُلُ ابْنَهُ ثُمَّ لاَ يُنْجِزُ لَهُ ، إِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِى إِلَى الْبِرِّ ، وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى إِلَى الْجَنَّةِ ، وَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِى إِلَى الْفُجُورِ ، وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِى إِلَى النَّارِ ، وَإِنَّهُ يُقَالُ لِلصَّادِقِ صَدَقَ وَبَرَّ ، وَيُقَالُ لِلْكَاذِبِ كَذَبَ وَفَجَرَ ، وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَصْدُقُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقاً ، وَيَكْذِبُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّاباً ». وَإِنَّهُ قَالَ لَنَا :« هَلْ أُنَبِّئُكُمْ مَا الْعَضْهُ؟ وَإِنَّ الْعَضْهَ هِىَ النَّمِيمَةُ الَّتِى تُفْسِدُ بَيْنَ النَّاسِ »

2158 - أخبرنا عبد الله بن سعيد ثنا أبو أسامة عن يزيد عن أبي بردة عن أبي موسى عن النبي صلى الله عليه و سلم قال : رأيت في رؤياي هذه اني هززت سيفا فانقطع صدره فإذا هو ما أصيب من المؤمنين يوم أحد ثم هززته أخرى فعاد كأحسن ما كان فإذا هو ما جاء الله به من الفتح واجتماع المؤمنين ورأيت فيها أيضا بقرا والله خير فإذا هو النفر من المؤمنين يوم أحد وإذا الخير ما جاء الله به من الخير وثواب الصدق الذي أتانا بعد يوم البدر

2715 - أخبرنا عثمان بن محمد ثنا جرير عن إدريس الأودي عن أبي إسحاق عن أبي الأحوص ان عبد الله يرفع الحديث إلى النبي صلى الله عليه و سلم قال : إن شرار الروايا روايا الكذب ولا يصلح من الكذب جدا ولا هزلا ولا يعد الرجل ابنه ثم لا ينجز له ان الصدق يهدي إلى البر وان البر يهدي إلى الجنة وان الكذب يهدي إلى الفجور وان الفجور يهدي إلى النار وانه يقال للصادق صدق وبر ويقال للكاذب كذب وفجر وان الرجل ليصدق حتى يكتب عند الله صديقا ويكذب حتى يكتب عند الله كذابا وإنه قال لنا هل أنبئكم ما العضة وإن العضة هي النميمة التي تفسد بين الناس

7. Muwattha’ Malik

1792 - وحدثني مالك انه بلغه ان عبد الله بن مسعود كان يقول :عليكم بالصدق فإن الصدق يهدي إلى البر والبر يهدي إلى الجنة وإياكم والكذب فإن الكذب يهدي إلى الفجور والفجور يهدي إلى النار الا ترى انه يقال صدق وبر وكذب وفجر

3627-و حَدَّثَنِي مَالِك أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ كَانَ يَقُولُ عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَالْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ وَالْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ أَلَا تَرَى أَنَّهُ يُقَالُ صَدَقَ وَبَرَّ وَكَذَبَ وَفَجَرَ

1829 - وَحَدَّثَنِى مَالِكٌ أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ كَانَ يَقُولُ عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِى إِلَى الْبِرِّ وَالْبِرَّ يَهْدِى إِلَى الْجَنَّةِ وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِى إِلَى الْفُجُورِ وَالْفُجُورَ يَهْدِى إِلَى النَّارِ أَلاَ تَرَى أَنَّهُ يُقَالُ صَدَقَ وَبَرَّ وَكَذَبَ وَفَجَرَ.
8. Musnad Ahmad Ibn Hanbal

50- حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ حَدَّثَنِى أَبِى حَدَّثَنَا بَهْزُ بْنُ أَسَدٍ حَدَّثَنَا سَلِيمُ بْنُ حَيَّانَ قَالَ سَمِعْتُ قَتَادَةَ يُحَدِّثُ عَنْ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّ عُمَرَ قَالَ إِنَّ أَبَا بَكْرٍ خَطَبَنَا فَقَالَ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَامَ فِينَا عَامَ أَوَّلَ فَقَالَ « أَلاَ إِنَّهُ لَمْ يُقْسَمْ بَيْنَ النَّاسِ شَىْءٌ أَفْضَلُ مِنَ الْمُعَافَاةِ بَعْدَ الْيَقِينِ أَلاَ إِنَّ الصِّدْقَ وَالْبِرَّ فِى الْجَنَّةِ أَلاَ إِنَّ الْكَذِبَ وَالْفُجُورَ فِى النَّارِ ».

1752- قَالَ وَكَانَ يَقُولُ « دَعْ مَا يَرِيبُكَ إِلَى مَا لاَ يَرِيبُكَ فَإِنَّ الصِّدْقَ طُمَأْنِينَةٌ وَإِنَّ الْكَذِبَ رِيبَةٌ »

3638- حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ ، حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ ، عَنْ شَقِيقٍ ، عَنْ عَبْدِ اللهِ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ ، فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ ، وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ صِدِّيقًا ، وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ ، فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ ، وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ ، وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ ، حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ كَذَّابًا.

3800- حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ حَدَّثَنِى أَبِى حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ أَبِى وَائِلٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّهُ قَالَ « لاَ يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ صِدِّيقاً وَلاَ يَزَالُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ كَذَّاباً »

8824- حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ حَدَّثَنِى أَبِى حَدَّثَنَا حَسَنُ بْنُ مُوسَى حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيعَةَ حَدَّثَنَا أَبُو الأَسْوَدِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ رَافِعٍ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « لاَ يَجْتَمِعُ الإِيمَانُ وَالْكُفْرُ فِى قَلْبِ امْرِئٍ وَلاَ يَجْتَمِعُ الصِدْقُ وَالْكَذِبُ جَمِيعاً وَلاَ تَجْتَمِعُ الْخِيَانَةُ وَالأَمَانَةُ جَمِيعاً ».

6800- حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ حَدَّثَنِى أَبِى حَدَّثَنَا حَسَنٌ حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيعَةَ حَدَّثَنِى حُيَىُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ أَبِى عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْحُبُلِىِّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو أَنَّ رَجُلاً جَاءَ إِلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا عَمَلُ الْجَنَّةِ قَالَ « الصِدْقُ وَإِذَا صَدَقَ الْعَبْدُ بَرَّ وَإِذَا بَرَّ آمَنَ وَإِذَا آمَنَ دَخَلَ الْجَنَّةَ ». قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا عَمَلُ النَّارِ قَالَ « الْكَذِبُ إِذَا كَذَبَ الْعَبْدُ فَجَرَ وَإِذَا فَجَرَ كَفَرَ وَإِذَا كَفَرَ دَخَلَ - يَعْنِى - النَّارَ ».

9. Sunan Al-Baihaqy

6015- أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ أَخْبَرَنَا أَبُو الْحُسَيْنِ : مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ تَمِيمٍ الْحَنْظَلِىُّ بِبَغْدَادَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ السُّلَمِىُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الأُوَيْسِىُّ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ سَعْدٍ حَدَّثَنَا ابْنُ أَخِى ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عَمِّهِ عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ : كَانَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُ يَقُولُ فِى خُطْبَتِهِ أَفْلَحَ مِنْكُمْ مَنْ حُفِظَ مِنَ الْهَوَى وَالْغَضَبِ وَالطَّمَعِ وَوُفِّقَ إِلَى الصِّدْقِ فِى الْحَدِيثِ فَإِنَّهُ يَجُرُّهُ إِلَى الْخَيْرِ مَنْ يَكْذِبْ يَفْجُرْ ثُمَّ ذَكَرَ مَا بَعْدَهُ.

11134- أَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ فُورَكَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ حَبِيبٍ حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ أَخْبَرَنِى يَزِيدُ بْنُ أَبِى مَرْيَمَ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا الْحَوْرَاءِ قَالَ قُلْتُ لِلْحَسَنِ بْنِ عَلِىٍّ : مَا تَذْكُرُ مِنَ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ : كَانَ يَقُولُ :« دَعْ مَا يَرِيبُكَ إِلَى مَا لاَ يَرِيبُكَ فَإِنَّ الصِّدْقَ طُمَأْنِينَةٌ وَإِنَّ الْكَذِبَ رِيبَةٌ ».

13390- وَأَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ َخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ طَاهِرِ بْنِ يَحْيَى حَدَّثَنِى أَبِى َخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَبِى خَالِدٍ الْفَرَّاءُ حَدَّثَنَا أَبِى حَدَّثَنَا الْمُبَارَكُ بْنُ فَضَالَةَ عَنِ الْحَسَنِ : أَنَّ أَبَا بَكْرٍ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُ خَطَبَ النَّاسَ فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ ثُمَّ قَالَ : إِنَّ أَكْيَسَ الْكَيْسِ التَّقْوَى وَأَحْمَقَ الْحُمْقَ الْفُجُورُ أَلاَ وَإِنَّ الصِّدْقَ عِنْدِى الأَمَانَةُ وَالْكَذِبَ الْخِيَانَةُ أَلاَ وَإِنَّ الْقَوِىَّ عِنْدِى ضَعِيفٌ حَتَّى آخُذَ مِنْهُ الْحَقَّ وَالضَّعِيفَ عِنْدِى قَوِىٌّ حَتَّى آخُذَ لَهُ الْحَقَّ أَلاَ وَإِنِّى قَدْ وُلِّيتُ عَلَيْكُمْ وَلَسْتُ بِأَخْيَرِكُمْ. قَالَ الْحَسَنُ : هُوَ وَاللَّهِ خَيْرُهُمْ غَيْرَ مُدَافَعٍ وَلَكِنَّ الْمُؤْمِنَ يَهْضِمُ نَفْسِهُ. ثُمَّ قَالَ : لَوَدِدْتُ أَنَّهُ كَفَانِى هَذَا الأَمْرَ أَحَدُكُمْ. قَالَ الْحَسَنُ : صَدَقَ وَاللَّهِ. وَإِنْ أَنْتُمْ أَرْدَتُمُونِى عَلَى مَا كَانَ اللَّهُ يُقِيمُ نَبِيَّهُ مِنَ الْوَحْىِ مَا ذَلِكَ عِنْدِى إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ فَرَاعُونِى فَلَمَّا أَصْبَحَ غَدَا إِلَى السُّوقِ فَقَالَ لَهُ عُمَرُ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُ : أَيْنَ تُرِيدُ؟ قَالَ السُّوقَ قَالَ : قَدْ جَاءَكَ مَا يَشْغَلُكَ عَنِ السُّوقِ. قَالَ : سُبْحَانَ اللَّهِ يَشْغَلُنِى عَنْ عِيَالِى قَالَ : تَفْرِضُ بِالْمَعْرُوفِ قَالَ : وَيْحَ عُمَرَ إِنِّى أَخَافُ أَنْ لاَ يَسَعَنِى أَنْ آكُلَ مِنْ هَذَا الْمَالِ شَيْئًا قَالَ فَأَنْفَقَ فِى سَنَتَيْنِ وَبَعْضِ أُخْرَى ثَمَانِيَةَ آلاَفِ دِرْهَمٍ فَلَمَّا حَضَرَهُ الْمَوْتُ قَالَ قَدْ كُنْتُ قُلْتُ لِعُمَرَ إِنِّى أَخَافُ أَنْ لاَ يَسَعَنِى أَنْ آكُلَ مِنْ هَذَا الْمَالِ شَيْئًا فَغَلَبَنِى فَإِذَا أَنَا مُتُّ فَخُذُوا مِنْ مَالِى ثَمَانِيَةَ آلاَفٍ دِرْهَمٍ وَرُدُّوهَا فِى بَيْتِ الْمَالِ قَالَ فَلَمَّا أُتِىَ بِهَا عُمَرُ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : رَحِمَ اللَّهُ أَبَا بَكْرٍ لَقَدْ أَتْعَبَ مَنْ بَعْدَهُ تَعَبًا شَدِيدًا.

20435- أَخْبَرَنَاهُ أَبُو بَكْرٍ وَأَبُو زَكَرِيَّا قَالاَ حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ أَنْبَأَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ أَنْبَأَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِى الثِّقَةُ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- : أَنَّهَا كَانَتْ تَتَأَوَّلُ هَذِهِ الآيَةَ فَتَقُولُ هُوَ الشَّىْءُ يَحْلِفُ عَلَيْهِ أَحَدُكُمْ لَمْ يُرِدْ بِهِ إِلاَّ الصِّدْقَ فَيَكُونُ عَلَى غَيْرِ مَا حَلَفَ عَلَيْهِ.

21338- أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ : مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِىِّ بْنِ عَفَّانَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ عَنِ الأَعْمَشِ عَنْ شَقِيقٍ قَالَ قَالَ عَبْدُ اللَّهِ يَعْنِى ابْنَ مَسْعُودٍ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- :« عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِى إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى إِلَى الْجَنَّةِ وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَصْدُقُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِى إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِى إِلَى النَّارِ وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَكْذِبُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا ».

10. Sunan An-Nasa’i

7650 - أخبرني موسى بن عبد الرحمن قال ثنا أبو أسامة عن بريد عن أبي بردة عن أبي موسى عن النبي صلى الله عليه و سلم قال : أريت في المنام أني أهاجر إلى أرض بها نخل فذهب وهلي إلى أنها المنامة أو هجر فإذا هي المدينة يثرب ورأيت في رؤياي هذه أني هززت سيفا فانقطع صدره فإذا هو ما أصيب من المؤمنين يوم أحد ثم هززته بأخرى فعاد أحسن ما كان فإذا هو ما جاء الله به من الفتح واجتماع المؤمنين ورأيت فيها بقرا والله خير فإذا هم النفر من المؤمنين يوم أحد وإذا الخير ما جاء الله به من الخير وثواب الصدق الذي كان بعد يوم بدر

10721 - أخبرنا إسحاق بن منصور عن أحمد بن حنبل قال حدثنا بهز بن أسد قال حدثنا سليم بن حيان قال سمعت قتادة عن حميد بن عبد الرحمن أن عمر قال إن أبا بكر خطبنا فقال : إن رسول الله صلى الله عليه و سلم قام فينا عام الأول فقال إلا أنه لم يقسم بين الناس شيء أفضل من المعافاة بعد اليقين ألا إن الصدق والبر في الجنة إلا إن الكذب والفجور في النار




C. Klasifikasi Hadis-hadis tentang Shidq

1. Pentingnya Kejujuran
a. Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi pada bab a’qaluha wa tawakkal

2708 - حَدَّثَنَا أَبُو مُوسَى الأَنْصَارِىُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ إِدْرِيسَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ بُرَيْدِ بْنِ أَبِى مَرْيَمَ عَنْ أَبِى الْحَوْرَاءِ السَّعْدِىِّ قَالَ قُلْتُ لِلْحَسَنِ بْنِ عَلِىٍّ مَا حَفِظْتَ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ حَفِظْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « دَعْ مَا يَرِيبُكَ إِلَى مَا لاَ يَرِيبُكَ فَإِنَّ الصِّدْقَ طُمَأْنِينَةٌ وَإِنَّ الْكَذِبَ رِيبَةٌ »

b. Diriwayatkan oleh al-Bukhari pada bab am hasibta anna ashhaba al-kahfi

3278 - حدثنا إسماعيل بن خليل أخبرنا علي بن مسهر عن عبيد الله ابن عمر عن نافع عن ابن عمر رضي الله عنهما : أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال ( بينما ثلاثة نفر ممن كان قبلكم يمشون إذ أصابهم مطر فأووا إلى غار فانطبق عليهم فقال بعضهم لبعض إنه والله يا هؤلاء لا ينجيكم إلا الصدق فليدع كل رجل منكم بما يعلم أنه قد صدق فيه فقال واحد منهم اللهم إن كنت تعلم أنه كان لي أجير عمل لي على فرق من أرز فذهب وتركه وإني عمدت إلى ذلك الفرق فزرعته فصار من أمره أني اشتريت منه بقرا وأنه أتاني يطب أجره فقلت اعمد إلى تلك البقر فسقها فقال لي إنما لي عندك فرق من أرز فقلت له اعمد إلى تلك البقر فإنها من ذلك الفرق فساقها فإن كنت تعلم أني فعلت ذلك من خشيتك ففرج عنا فانساحت عنهم الصخرة فقال الآخر اللهم إن كنت تعلم كان لي أبوان شيخان كبيران فكنت آتيهما كل ليلة بلبن غنم لي فأبطأت عليهما ليلة فجئت وقد رقدا وأهلي وعيالي يتضاغون من الجوع فكنت لا أسقيهم حتى يشرب أبواي فكرهت أن أوقظهما وكرهت أن أدعهما فيستكنا لشربتهما فلم أزل أنتظر حتى طلع الفجر فإن كنت تعلم أني فعلت ذلك من خشيتك ففرج عنا فانساحت عنهم الصخرة حتى نظروا إلى السماء فقال الآخر اللهم إن كنت تعلم أنه كان لي ابنة عم من أحب الناس إلي وأني راودتها عن نفسها فأبت إلا أن آتيها بمائة دينار فطلبتها حتى قدرت فأتيت بها فدفعتها إليها فأمكنتني من نفسها فلما قعدت بين رجليها قالت اتق الله ولا تفض الخاتم إلا بحقه فقمت وتركت المائة دينار فإن كنت تعلم أني فعلت ذلك من خشيتك ففرج عنا ففرج الله عنهم فخرجوا )

c. Hadis yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi pada bab min surah at-taubah

3385 - حَدَّثَنَا عَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنِ الزُّهْرِىِّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ لَمْ أَتَخَلَّفْ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى غَزْوَةٍ غَزَاهَا حَتَّى كَانَتْ غَزْوَةُ تَبُوكَ إِلاَّ بَدْرًا َلَمْ يُعَاتِبِ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- أَحَدًا تَخَلَّفَ عَنْ بَدْرٍ ِنَّمَا خَرَجَ يُرِيدُ الْعِيرَ فَخَرَجَتْ قُرَيْشٌ مُغْوِثِينَ لِعِيرِهِمْ فَالْتَقَوْا عَنْ غَيْرِ مَوْعِدٍ كَمَا قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ وَلَعَمْرِى إِنَّ أَشْرَفَ مَشَاهِدِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى النَّاسِ لَبَدْرٌ وَمَا أُحِبُّ أَنِّى كُنْتُ شَهِدْتُهَا مَكَانَ بَيْعَتِى لَيْلَةَ الْعَقَبَةِ حَيْثُ تَوَاثَقْنَا عَلَى الإِسْلاَمِ ثُمَّ لَمْ أَتَخَلَّفْ بَعْدُ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- حَتَّى كَانَتْ غَزْوَةُ تَبُوكَ وَهِىَ آخِرُ غَزْوَةٍ غَزَاهَا وَآذَنَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- بِالرَّحِيلِ. فَذَكَرَ الْحَدِيثَ بِطُولِهِ قَالَ فَانْطَلَقْتُ إِلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَإِذَا هُوَ جَالِسٌ فِى الْمَسْجِدِ وَحَوْلَهُ الْمُسْلِمُونَ وَهُوَ يَسْتَنِيرُ كَاسْتِنَارَةِ الْقَمَرِ وَكَانَ إِذَا سُرَّ بِالأَمْرِ اسْتَنَارَ فَجِئْتُ فَجَلَسْتُ بَيْنَ يَدَيْهِ فَقَالَ « أَبْشِرْ يَا كَعْبُ بْنَ مَالِكٍ بِخَيْرِ يَوْمٍ أَتَى عَلَيْكَ مُنْذُ وَلَدَتْكَ أُمُّكَ ». فَقُلْتُ يَا نَبِىَّ اللَّهِ أَمِنْ عِنْدِ اللَّهِ أَمْ مِنْ عِنْدِكَ قَالَ « بَلْ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ ». ثُمَّ تَلاَ هَؤُلاَءِ الآيَاتِ (لَقَدْ تَابَ اللَّهُ عَلَى النَّبِىِّ وَالْمُهَاجِرِينَ وَالأَنْصَارِ الَّذِينَ اتَّبَعُوهُ فِى سَاعَةِ الْعُسْرَةِ) حَتَّى بَلَغَ (إِنَّ اللَّهَ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ) قَالَ وَفِينَا أُنْزِلَتْ أَيْضًا (اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ) قَالَ قُلْتُ يَا نَبِىَّ اللَّهِ إِنَّ مِنْ تَوْبَتِى أَنْ لاَ أُحَدِّثَ إِلاَّ صِدْقًا وَأَنْ أَنْخَلِعَ مِنْ مَالِى كُلِّهِ صَدَقَةً إِلَى اللَّهِ وَإِلَى رَسُولِهِ . فَقَالَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- « أَمْسِكْ عَلَيْكَ بَعْضَ مَالِكَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكَ ». فَقُلْتُ فَإِنِّى أُمْسِكُ سَهْمِى الَّذِى بِخَيْبَرَ قَالَ فَمَا أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَىَّ نِعْمَةً بَعْدَ الإِسْلاَمِ أَعْظَمَ فِى نَفْسِى مِنْ صِدْقِى رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- حِينَ صَدَقْتُهُ أَنَا وَصَاحِبَاىَ لاَ نَكُونُ كَذَبْنَا فَهَلَكْنَا كَمَا هَلَكُوا وَإِنِّى لأَرْجُو أَنْ لاَ يَكُونَ اللَّهُ أَبْلَى أَحَدًا فِى الصِّدْقِ مِثْلَ الَّذِى أَبْلاَنِى مَا تَعَمَّدْتُ لِكَذِبَةٍ بَعْدُ وَإِنِّى لأَرْجُو أَنْ يَحْفَظَنِى اللَّهُ فِيمَا بَقِىَ.

2. Kejujuran dalam berdagang
a. Diriwayatkan oleh al-Bukhari pada bab as-suhulah wa as-sahamah fi as-syira’
1973 - حدثنا سليمان بن حرب حدثنا شعبة عن قتادة عن صالح أبي الخليل عن عبد الله بن الحارث رفعه إلى حكيم بن حزام رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم ( البيعان بالخيار ما لم يتفرقا أو قال حتى يتفرقا فإن صدقا وبينا بورك لهما في بيعهما وإن كتما وكذبا محقت بركة بيعهما )

3. Manfaat dan balasan terhadap orang-orang yang berkata jujur

a. Diriwayatkan oleh Muslim pada bab qubhu al-kadzib wa husnu al-shidq wafadhluhu

2607 -حدثنا زهير بن حرب وعثمان بن أبي شيبة وإسحاق بن إبراهيم ( قال إسحاق أخبرنا وقال الآخران حدثنا ) جرير عن منصور عن أبي وائل عن عبدالله قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم إن الصدق يهدي إلى البر وإن البر يهدي إلى الجنة وإن الرجل ليصدق حتى يكتب صديقا وإن الكذب يهدي إلى الفجور وإن الفجور يهدي إلى النار وإن الرجل ليكذب حتى يكتب كذابا

b. Diriwayatkan oleh Abu Daud pada bab at-tasydidi fi al-kadzib

4989 - حدثنا أبو بكر بن أبي شيبة ثنا وكيع أخبرنا الأعمش ح وثنا مسدد ثنا عبد الله بن داود ثنا الأعمش عن أبي وائل عن عبد الله قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم " إياكم والكذب فإن الكذب يهدي إلى الفجور وإن الفجور يهدي إلى النار وإن الرجل ليكذب ويتحرى الكذب حتى يكتب عند الله كذابا وعليكم بالصدق فإن الصدق يهدي إلى البر وإن البر يهدي إلى الجنة وإن الرجل ليصدق ويتحرى الصدق حتى يكتب عند الله صديقا " .

c. Diriwayatkan oleh Ahmad pada Abdullah Ibn Mas’ud

3638- حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ ، حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ ، عَنْ شَقِيقٍ ، عَنْ عَبْدِ اللهِ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ ، فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ ، وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ صِدِّيقًا ، وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ ، فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ ، وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ ، وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ ، حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ كَذَّابًا

d. Diriwayatkan Ahmad ibn Hanbal pada Musnad Hasan ibn Ali

1752- قَالَ وَكَانَ يَقُولُ « دَعْ مَا يَرِيبُكَ إِلَى مَا لاَ يَرِيبُكَ فَإِنَّ الصِّدْقَ طُمَأْنِينَةٌ وَإِنَّ الْكَذِبَ رِيبَةٌ ».

4. Kejujuran dalam bersumpah

a. Diriwayatkan oleh al-Baihaqy pada bab man halafafi syaiin wahuwa yara

20435- أَخْبَرَنَاهُ أَبُو بَكْرٍ وَأَبُو زَكَرِيَّا قَالاَ حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ أَنْبَأَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ أَنْبَأَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِى الثِّقَةُ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- : أَنَّهَا كَانَتْ تَتَأَوَّلُ هَذِهِ الآيَةَ فَتَقُولُ هُوَ الشَّىْءُ يَحْلِفُ عَلَيْهِ أَحَدُكُمْ لَمْ يُرِدْ بِهِ إِلاَّ الصِّدْقَ فَيَكُونُ عَلَى غَيْرِ مَا حَلَفَ عَلَيْهِ.

b. Diriwayatkan oleh Bukhari pada bab al-khushumah fi al-bi’ri wa al-qadha’ fiha

2229 - حدثنا عبدان عن أبي حمزة عن الأعمش عن شقيق عن عبد الله رضي الله عنه : عن النبي صلى الله عليه و سلم قال ( من حلف على يمين يقتطع بها مال امرئ هو عليها فاجر لقي الله وهو عليه غضبان ) . فأنزل الله تعالى { إن الذين يشترون بعهد الله وأيمانهم ثمنا قليلا } . الآية فجاء الأشعث فقال ما حدثكم أبو عبد الرحمن ؟ في أنزلت هذه الآية كانت لي بئر في أرض ابن عم لي فقال لي ( شهودك ) . قلت ما لي شهود قال ( فيمينه ) . قلت يا رسول الله إذا يحلف فذكر النبي صلى الله عليه و سلم هذا الحديث فأنزل الله ذلك تصديقا له


D. Pengertian dan Beberapa Kandungan Makna Shidq
Dalam kamus bahasa Arab dikemukakan bahwa istilah shidq berasal dari kosa kata shadaqa-yashduqu-shadqun,shidqun, artinya benar, lawan dari dusta, atau al-shidq artinya kebenaran. Shidq juga biasa disebut dengan shulbun yang berarti besi baja (kekerasan atau kekuatan). Makna asli ini pun, masih harus dilihat menurut kata sifat sadq yang berarti keras, giat.
Ungkapan shaddaqahu mengandung arti qabila qauluhu ‘pembicarannya diterima’. Dalam mushhaf Al-Qur`án, lafazh yang dibentuk oleh kata-dasar sh-d-q ada 155 lafazh, dimana lafazh shadáqatun diulangi 36 kali, 11 nakirah dan 25 ma'rifah. Ayat Allah SWT yang memberikan ilustrasi yang jelas tentang makna (shidq) terdapat dalam QS. Al-Ahzab [33]: 8 :

“Agar Dia menanyakan kepada orang-orang yang jujur (benar) tentang kebenaran mereka dan Dia menyediakan bagi orang-orang kafir siksa yang pedih.”

Juga dalam QS. Az-Zumar [39]: 33 :

“Dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan membenarkannya, mereka itulah orang-orang yang bertakwa”.

Dalam kategori semantik, shidq memiliki dua makna yang berbeda walaupun mempunyai hubungan yang sangat erat yaitu ”kejujuran” atau ”berkata benar” dan ”kesetiaan” (kepada janji, perjanjian, kesepakatan). Kejujuran itu merata di seluruh masyarakat dan merupakan suatu kelaziman dan corak nilai manusia yang berakar.
Sebenarnya, pengertian yang paling umum dari shidq adalah “berkata benar”, memberikan informasi yang benar, yakni yang sesuai dengan realitas. Arti kata ini jelas terlihat pada kalimat-kalimat yang paling umum seperti: “Mereka menyelidiki laporan dengan cermat dan mendapati laporan telah mengatakan kebenaran (shadaqa).” Sesuai kalimat dalam bentuk tersebut shidq artinya kesesuaian antara bahasa dengan kenyataan. Namun demikian, hal ini tidak melemahkan keseluruhan makna yang dimilikinya.
Sekarang tentang kebenaran bahasa, yaitu proses di mana suatu pembicaraan menjadi benar, dapat dilihat dari sisi yang berlawanan, subyektif dan obyektif. Kutub obyektif berupa realitas yang sesuai dengan bahasa. Dalam bahasa Arab kutub ini ditunjukkan dengan kata haqq, yang khususnya menggambarkan sisi obyektif dari kebenaran. Shidq merupakan kutub yang berlawanan; karena ia lebih menunjukkan pada sifat pembicara, yang cenderung membentuk kata-kata yang sesuai dengan realitas, yakni keadaan yang sebenarnya.
Karena itu, seorang Muslim dituntut selalu berada dalam keadaan benar lahir batin; benar hati (shidq al-qalb), benar perkataan (shidq al-hadits) dan benar perbuatan (shidq al-‘amal). Antara hati dan perkataan harus sama, tidak boleh berbeda, apalagi antara perkataan dan perbuatan.
Dari beberapa pengertian di atas, diperoleh gambaran bahwa jika diperinci, paling tidak ada lima macam bentuk shidq:
1. Benar Perkataan (shidq al-hadits)
Dalam keadaan apapun seorang Muslim akan selalu berkata yang benar; baik dalam menyampaikan informasi, menjawab pertanyaan, melarang dan memerintah atau pun yang lainnya. Orang yang selalu berkata benar akan dikasihi Allah dan dipercaya oleh masyarakat. Sebaliknya orang yang berdusta apalagi suka berdusta, masyarakat tidak akan mempercayainya. Pribahasa mengatakan, Sekali lacung keujian seumur hidup orang tidak akan percaya”. Kalau sudah demikian, sulit bagi dia untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat. Shidq al-hadits adalah bentuk yang paling populer dan paling mudah kelihatan.
2. Benar Pergaulan (shidq al-mu’amalah)
Seorang Muslim akan selalu bermu’amalah dengan benar; tidak menipu, tidak khianat dan tidak memalsu, sekalipun kepada non muslim. Orang yang shidq dalam mu’amalah jauh dari sifat sombong dan riya’. Kalau melakukan sesuatu dilakukan karena Allah, kalau meninggalkan sesuatu juga dia tinggalkan karena Allah. Dia tidak mengharapkan balas budi orang lain. Dia akan selalu bersikap benar dengan siapa pun, tanpa memandang kekayaan, kekuasaan atau status lainnya. Barang siapa yang selalu bersikap shidq dalam mu’amalahnya maka dia akan menjadi kepercayaan masyarakat. Siapa pun ingin bermu’amalah dengannya.
3. Benar Tekad/Obsesi (shidq al-‘azam)
Sebelum memutuskan untuk melakukan sesuatu, seorang Muslim harus mempertimbangkan dan meneliti terlebih dahulu apakah yang dilakukannya itu benar dan bermanfaat. Apabila yakin benar dan bermanfaat, dia akan melakukannya tanpa ragu-ragu, tidak akan terpengaruh dengan suara kiri-kanan yang mendukung atau mencelanya. Manusia terkadang mengemukakan obsesinya untuk melakukan sesuatu. Misalnya, "Jika Allah menganugerahkan banyak harta kepadaku, aku akan sedekahkan setengahnya." Janji atau obsesi ini harus diucapkan secara jujur.
4. Benar Janji (shidq al-wa’ad)
Apabila berjanji, seorang Muslim akan selalu menepatinya, sekalipun dengan musuh atau anak kecil. Rasulullah SAW bersabda:
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ حَدَّثَنِى أَبِى حَدَّثَنَا حَجَّاجٌ قَالَ حَدَّثَنَا لَيْثٌ قَالَ حَدَّثَنِى عُقَيْلٌ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ عَن أَبِى هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّهُ قَالَ « مَنْ قَالَ لِصَبِىٍّ تَعَالَ هاَكَ ثُمَّ لَمْ يُعْطِهِ فَهِىَ كَذْبَةٌ

“Barangsiapa yang berkata kepada anak kecil, mari ke mari, saya beri korma ini. Kemudian dia tidak memberinya, maka dia telah membohongi anak itu”. (HR. Ahmad)

Mungkir janji juga termasuk salah satu sifat munafik sebagaimana tersebut dalam beberapa riwayat.
Allah SWT menyukai orang-orang yang menepati janji. Dalam Al-Qur’an disebutkan pujian Allah SWT kepada Nabi Ismail as. yang menepati janji :

“Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka) kisah Ismail (yang tersebut) di dalam Al Qur'an. Sesungguhnya ia adalah seorang yang benar janjinya, dan dia adalah seorang rasul dan nabi.”
5. Benar Kenyataan (shidq al-hal)
Seorang Muslim akan menampilkan diri seperti keadaan yang sebenarnya. Dia tidak akan menipu kenyataan, tidak memakai baju kepalsuan, tidak mencari nama, dan tidak pula mengada-ada. Rasulullah saw bersabda :
حدثنا محمد بن عبدالله بن نمير حدثنا وكيع وعبدة عن هشام بن عروة عن أبيه عن عائشة أن امرأة قالت : يا رسول الله أقول إن زوجي أعطاني ما لم يعطني ؟ فقال رسول الله صلى الله عليه و سلم ( المتشبع بما لم يعط كلابس ثوبي زور )

“Orang yang merasa kenyang dengan apa yang tidak diterimanya sama seperti orang memakai dua pakaian palsu.” (HR. Muslim)

Maksudnya orang yang berhias dengan bukan miliknya supaya kelihatan kaya sama seperti orang yang memakai dua kepribadian (double standard).
6. Benar dalam maqam-maqam beragama
Merupakan kejujuran paling tinggi dan tempat persinggahan paling agung. Contohnya adalah kejujuran dalam khauf (rasa takut akan siksaan Allah), raja' (mengharapkan rahmat Allah), ta'dzim (mengagungkan Allah), ridha (rela terhadap segala keputusan Allah), tawwakal (mempercayakan diri kepada Allah dalam segala totalitas urusan), dan hubb mencintai Allah. Ini bisa dilihat dalam QS. Al-Hujurat [49] : 15 :

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjihad dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah, mereka itulah orang-orang yang benar (beriman sejati)."

Karena itulah, maka shidq merupakan jalan paling lurus. Siapa yang tidak berjalan di atasnya, berarti dia adalah orang yang gagal dalam perjalanannya. Dengan shidq ini pula dapat dibedakan antara orang munafik dan orang yang beriman, antara penghuni surga dan penghuni neraka. Shidq merupakan pedang Allah di bumi, dan setiap kali diletakkan di atas sesuatu, maka ia akan memotongnya, dan setiap kebatilan yang dihadapinya tentu ditebasnya hingga habis. Shidq merupakan ruh amal, porossegala keadaan, pintu masuk orang-orang yang hendak menuju tempat Allah, dasar bangunan agama dan sendi keyakinan. Derajatnya mengikuti derajat nubuwah, yang merupakan derajat paling tinggi. Mata air dan sungai di surga mengalir ke tempat para shiddiqin atau shadiqin (orang-orang yang benar).
Allah telah memerintahkan orang-orang beriman agar bersama orang-orang yang benar, karena mereka termasuk orang-orang yang secara khusus mendapatkan nikmat Allah, bersama para nabi, syuhada dan shalihin, dan mereka inilah teman-teman yang baik. Sebagai termaktub dalam QS. Al-Nisa’ [4]: 69;

Dan barangsiapa yang menta`ati Allah dan Rasul (Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi ni`mat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.

E. Kritik Sanad dan Matn Hadis Shidq
Untuk mengetahui kualitas hadis, maka terlebih harus diketahui kualitas sanad dan matnnya. Kualitas sanad dapat diketahui setelah meneliti kredibilitas, intelektual, dan akhlak para perawi yang terlibat dalam periwayatan hadis tersebut. Sementara kualitas matn dapat diketahui setelah meneliti susunan redaksi matn hadis dengan menggunakan kaidah kesahihan matn sebagai telah dirumuskan oleh para ulama hadis.
Dalam penelitian ini penulis mengkaji hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad Ibn Hanbal dan Imam At-Tirmidzi tentang manfaat dan balasan terhadap orang-orang yang berkata jujur, sebagai berikut :

3638- حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ ، حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ ، عَنْ شَقِيقٍ ، عَنْ عَبْدِ اللهِ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ ، فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ ، وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ صِدِّيقًا ، وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ ، فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ ، وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ ، وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ ، حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ كَذَّابًا
2099 - حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنِ الأَعْمَشِ عَنْ شَقِيقِ بْنِ سَلَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِى إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِى إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِى إِلَى النَّارِ وَمَا يَزَالُ الْعَبْدُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا
“Berpegang teguhlah dengan kejujuran, karena sesungguhnya kejujuran itu menuntun kepada kebaikan, dan kebaikan itu menuntun ke surga, dan seseorang itu berlaku benar sehingga tercatat di sisi Allah sebagai seorang yang shiddiq (yang sangat jujur dan benar). Dan dusta menuntun kepada curang, dan curang itu menuntun ke dalam neraka. Dan seorang yang berdusta sehingga tercatat di sisi Allah sebagai pendusta.”

Dalam riwayat ini Imam Ahmad Ibn Hanbal meriwayatkan dengan menggunakan lafadz haddatsana masing-masing dari Abu Mu’awiyah, Al-A’masy, Syaqiq, dan ‘Abdillah. Sementara riwayat Imam At-Tirmidzi juga dengan menggunakan lafadz haddatsana masing-masing dari Hannad, Abu Mu’awiyah, Al-A’masy, Syaqiq Ibn Salamah, dan ‘Abdillah Ibn Mas’ud. Kedua riwayat ini bertemu pada Abu Mu’awiyah, Al-A’masy, Syaqiq Ibn Salamah, kemudian ‘Abdillah Ibn Mas’ud dari Rasulullah SAW, (Lihat skema hadis yang diteliti). Biografi singkat masing-masing periwayat tersebut adalah sebagai berikut :

1. Abdillah
Nama lengkapnya Abdullah Ibn Mas’ud Ibn Gafil Ibn Habib Al-Hadly, nama kunyah-nya adalah Abu Abdurrahman. Ia masuk Islam di Mekkah, pernah hijrah ke Habsyi kemudian hijrah ke Madinah, dan menyaksikan Perang Badar, Bay’ah Ar-Ridlwan, serta pernah shalat mengahadap dua kiblat. Dalam kitab Ikmal al-Kamal, disebutkan bahwa beliau dijuluki Abu al-Fadhli Muhammad Ibn Abdullah Ibn Mas’ud at-Thiby al- Jarjany berasal dari kota Jarjan. Ia anak dari Abu Thibah Isa Ibn Sulaiman. Rasulullah Saw menghormatinya dan memberikan kabar gembira dengan sabdanya bahwa beliau Saw ridha terhadap apa-apa yang diridai Ibnu Ummu Abd (Abdullah Ibn Mas’ud) dan membenci apa-apa yang dibencinya. Pada masa khalifah Umar Ibn Khattab dan Utsman, ia menjadi qadhi di Kufah dan penanggung jawab baît al-mâl, kemudian ia kembali ke Madinah dan meninggal di kota tersebut. Akan tetapi, menurut sebagian riwayat, ia wafat di Kuffah pada tahun 32 H, dalam usia lebih dari 60 tahun. Ia telah meriwayatkan sebanyak 848 hadis. Sebanyak 40 hadis disepakati oleh Bukhari dan Muslim, Imam Bukhari sendiri dalam 21 hadis dan Muslim dalam 35 hadis. Bahkan Abu Musa Al-Asy’ari mengatakan,”Saya datang dari Yaman dan saudaraku dan saya tidak melihat Abdullah Ibn Mas’ud kecuali bahwa beliau merupakan seseorang ahlul bait.
2. Syaqiq
Nama lengkapnya adalah Syaqiq Ibn Salamah Al-Asady Abu Wail al-Kufy. Ia semasa atau lahir sebelum wafatnya Nabi Saw akan tetapi ia tidak pernah melihatnya. Ia meriwayatkan hadis dari Abu Bakr, Umar, Utsman, Ali, Mu’adz Ibn Jabal, Ibn Mas’ud, Abu Musa Al-Asy’ari dan selainnya dari kalangan sahabat. Amr Ibn Marwah mengatakan, “Saya bertanya kepada Abi ‘Ubaidah: Siapakah yang paling ‘Alim di antara ahli Kufah dari hadis yang diriwayatkan Abdullah? Maka beliau menjawab: Abu Wail (Syaqiq). Ishaq Ibn Manshur berkata, dari Ibn Ma’in: Ia tsiqah, tidak dipertanyakan lagi tentang kapabilitasnya.
3. Al-A’masy
Nama lengkapnya adalah Sulaiman Ibn Mihran Al- Kahily, salah seorang Ulama’ yang masih mendapati Abu Bakr dan Anas. Lahir pada tahun 61 H. Ia meriwayatkan hadis dari Abdullah Ibn Abi Ufy, Zaid Ibn Wahb, Abi Wail, Wazir Ibn Habisy dan Mujahid dan termasuk golongan kelima tabi’in kecil. Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa’i, dan Ibn Majah meriwayatkan darinya dan Ibn Hajar Al-Asqalany mendudukkannya sebagai sanad yang tsiqah. Ia seorang yang hafidz, ahli bacaan al-qira’at, dan wara’. Hadis-hadis darinya banyak diriwayatkan pula oleh Abu Hanifah, Abu Ishaq as-Sabi’i, Syu’bah dan Sufyan. Ibn al-Madiny mengatakan,”Di antara orang-orang yang paling alim dari umat Muhammad yang berasal dari Kufah ialah Abu Ishaq as-Sabi’i dan al-A’masy. Al-Ajali mengatakan: ia tsiqah dan tsabit di dalam meriwayatkan hadis dan salah seorang muhaddis terkenal dari Kufah. Waki’ berkata: Al-A’masy wafat pada tahun 148 H dalam usia 88 tahun.
4. Abu Mu’awiyah
Nama lengkapnya adalah Muhammad Ibn Hazim Abu Mu’awiyah ad-Dharir al-Kufy. Beliau paling banyak meriwayatkan hadi dari Al-A’masy, meninggal dalam usia 85 tahun. Abu Na’im Berkata: Abu Mu’awiyah belajar pada Al-A’masy selama 20 tahun. Hadis-hadis darinya banyak diriwayatkan oleh Abu Bakr Ibn Abi Syaibah dan jamaah Mukharrij al-hadis. Abdullah Ibn Ahmad berkata: Saya mendengar bapakku mengatakan bahwa Abu Mu’awiyah untuk hadis selain dari hadis Al-A’masy hapalannya mudhtharib/ia tidakmenghapalnya dengan baik. Ibn Mu’in berkata bahwa hapalan Abu Mu’awiyah lebih kuat untuk hadis Al-A’masy dari pada Jarir. Ibn Al-Madini mengatakan: Abu Mu’awiyah wafat pada tahun 195, Nasa’i mengatakan kalau ia tsiqah untuk hadi Al-A’masy.
5. Hannâd
Hannâd Ibn Al-Sary ibn Mush’ab al-Hâfidz al-Qudwah al-Zahîd Syaikh al-Kufah Abu al-Sary at-Tamimy ad-Darimy al-Muhaddis. Meriwayatkan hadis dari Abi al-Ahwash Salam dan Syarik ibn Abdullah dan Isma’il ibn ‘Iyasy dan ‘Absyar. Seluruh rawi mukharrij meriwayatkan darinya kecuali Bukhari. Ia meriwayatkan hadis dari Ismail ibn ‘Iyasy, Abdullah ibn Mubarak, Abdullah ibn Namir dan Ubidah ibn Namir dan yang lainnya. Ahmad ibn Hanbal pernah ditanyai tentang siapakah yang paling layak dicatat hadisnya di antara ulama’ hadis dari Kufah? Maka beliau menjawab, cukuplah bagimu Hannâd.
Qutaibah berkata, “Saya tidak pernah mendapati Qutaibah memuji seseorang seperti ia memuji Hannad. An-Nasa’i berkata: Ia tsiqah. Meninggal sekitar tahun 331 H.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dan dengan menelusuri ketersambungan sanad dan kredibilitas serta kapasitas intelektual para periwayat dalam jalur sanad tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa sanad hadis tersebut dinyatakan shahih dan urgen untuk pengkajian selanjutnya.
Demikian pula dari segi matan, terdapat beberapa riwayat yang memiliki pengertian yang sama namun berbeda dari segi redaksi matan hadis sepert yang diriwayatkan Bukhari dari Abdullah bin Mas’ud tanpa lafadz ”alaikum bi al-shidq” akan tetapi langsung pada lafadz ”inna al-shidq” dan selanjutnya. Meskipun ada perbedaan lafadz yang seperti itu, namun tidak terdapat kontradiksi di dalam memberikan pengertian tentang kewajiban untuk selalu berkata dan bersikap jujur dan haram untuk bekata bohong atau berdusta.
Sama halnya pada riwayat Abu Daud juga berbeda dengan riwayat yang mayoritas dengan mendahulukan kalimat iyyakum wal kadzib dari kalimat alaikum bi al-shidqi. Namun, adanya perbedaan penempatan kalimat yang seperti ini tidak membuat pemahaman kabur tentang kandungan hadis tersebut. Bahwa kejujuran akan mendorong seseorang untuk selalu berprilaku baik dan prilaku yang baik mendorong seseorang ke dalam surga dan orang yang terbiasa dengan prilaku jujur akan dicatat Tuhan ke dalam golongan shiddiq, demikian pula sebaliknya.
Selain itu, kandungan hadis ini juga tidak bertentangan dengan ayat Allah dalam QS. At-Taubah [9]: 119 yang berbunyi:

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.
Perintah untuk selalu berlaku jujur berarti ada larangan yang tersirat untuk tidak berdusta dalam berkata dan berbuat sebagai mafhum al-mukhalafah. Karena itu harus dipahami bahwa ayat tersebut di atas menunjukkan bahwa Allah telah mengabarkan tentang orang-orang yang berbuat kebajikan dan memuji mereka karena amal mereka, berupa iman, kepasrahan diri, sabar dan benar, bahwa mereka orang-orang yang memiliki shidq.
Menurut Al-Harits Al-Muhasiby berkata, “Orang yang shadiq adalah orang yang tidak peduli sekiranya semua bagian di hati manusia yang menjadi miliknya tidak diberikan kepadanya, selagi dia dapat memperbaiki hatinya, dia tidak suka jika mereka mengetahui kebaikan amalnya. Jika dia benci karena mengetahui keburukannya, berarti dia menghendaki kehormatan di mata mereka, dan ini bukan tanda orang shiddiqin.”
Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa matn hadis sebagai yang dibahas tersebut adalah berkualitas shahih karena telah memenuhi kriteria keshahihan sebuah matn.
F. Syarh al-Hadis dan Fiqh al-Hadis
Syarh al-Hadis
Kalimat: عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ memberikan pengertian bahwa kalimat tersebut merupakan kalimat ighra, yaitu anjuran keras. Dalam riwayat lain dikemukakan secara langsung berbunyi: إن الصدق يهدي إلى البر.
Kata الصدق dalam ucapan berarti benar, lawan dari bohong; dalam niat berarti ikhlas; dalam janji berarti menepatinya; dalam kelakuan berarti tidak melakukan kejahatan—baik secara sembunyi-sembunyi maupun dzahir. Kalau dalam berbagai hal ia benar maka dinamakan shiddiq, akan tetapi kalau benar dalam sebagian sifat saja dinamakan al-shadiq. Sementara kata البر adalah sebutan yang mencakup segala macam kebajikan, dan lawannya adalah kata الفجور yang berarti menyimpang dari kebenaran atau tenggelam dalam perbuatan dosa/maksiat sehingga الفجور merupakan istilah bagi segala bentuk perbuatan buruk.
Sebagaimana diterangkan di atas bahwa berbagai kebaikan dan pahala akan diberikan kepada orang yang jujur, baik di dunia maupun kelak di akhirat. Ia akan dimasukkan ke dalam surga dan mendapat gelar terhormat, yaitu shiddiq artinya orang yang sangat jujur dan benar. Bahkan dalam Al-Qur’an dinyatakan bahwa orang yang selalu jujur dan selalu menyampaikan kebenaran dinyatakan sebagai orang yang bertakwa. Hal mana terlihat dalam QS. Az-Zumar [39]: 33 :


Dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan membenarkannya, mereka itulah orang-orang yang bertakwa.

Hal tersebut sangat pantas diterima oleh mereka yang jujur dan dipastikan tidak akan berkhianat kepada siapa saja, baik pada Allah swt., sesame manusia, maupun dirinya sendiri. Orang yang jujur akan melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi laranganNya serta mengikuti sunnah Rasulullah saw., karena hal itu merupakan janjinya kepada Allah ketika mengucapkan syahadatain.
Pada prinsipnya, hadis di atas memberikan makna bahwa:
1. Setiap perbuatan akan mendapatkan imbalan sesuai dengan perbuatannya;
2. Shiddiq sebagai cerminan kebajikan;
3. Dusta merupakan gambaran setiap yang jahat.
Hadis di atas juga menunjukkan bahwa kebenaran yang diperbuat seseorang itu, merupakan jalan menuju ketaatan, sehingga Allah akan menempatkannya dalam surga. Sedangkan perbuatan-perbuatan dusta yang dilakukan seseorang, merupakan jalan menuju ke neraka.
Dengan kata lain, orang jujur akan menjadi orang yang paling taat kepada Allah swt. Dalam sebuah riwayat (yang popular) disebutkan tentang seorang Badui yang meminta nasehat kepada Rasulullah saw., dan Nabi saw hanya berkata ”jangan bohong”. Perkataan Rasulullah saw., terus mengiang-ngiang ke telinga si Badui sehingga setiap kali ia akan melakukan sesuatu perbuatan tercela, dia berpikir bahwa Rasulullah pasti akan menanyakan dan dia harus jujur. Dia pun tidak melakukan perbuatan terlarang tersebut.
Hadis-hadis tentang masalah jujur di atas sejalan dengan firman Allah sebagai berikut :

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.”

Jika seseorang berusaha untuk berkata benar, manfaatnya bukan hanya bagi dirinya tetapi juga bagi orang lain. Begitu pun sebaliknya, jika seseorang berkata dusta, perbuatannya itu selain merugikan dirinya, juga merugikan orang lain karena tidak akan ada lagi orang yang mempercayainya. Tanpa kepercayaan seseorang sulit menemukan kesuksesan, bahkan tidak mustahil hidupnya akan cepat hancur. Hal mana telah digariskan dalam QS. Adz-Dzariyat [51]: 10 :

“Terkutuklah orang-orang yang banyak berdusta.”
Fiqh al-Hadis
Kejujuran menuntun pelakunya pada kebaikan dan menuntunnya masuk surga, dan ia dicatat sebagai seorang yang shiddiq. Sebaliknya, berdusta akan menuntun pelakunya kepada perbuatan curang dan menuntunnya masuk neraka dan ia dicatat sebagai pendusta.

III. KESIMPULAN
Berdasarkan uraian yang dikemukakan , maka dapat dirumuskan dengan beberapa kesimpulan :
1. Sifat jujur harus dimiliki oleh setiap muslim dan menjadi prinsip hidup serta harus menjauhi sifat dusta.
2. kejujuran merupakan sumber kebaikan, dan kebohongan/dusta merupakan sumber keburukan.
3. Allah memberikan jaminan dengan balasan berupa pahala surga bagi setiap orang yang memiliki sifat jujur sedangkan bagi orang yang melakukan kedustaan baginya mendapat balasan berupa neraka.
4. Setiap muslim dituntut untuk berlaku jujur dalam setiap gerak-geriknya sehingga menjadi orang yang shiddiq.
5. Sifat dusta harus dihindari karena dapat menjerumuskan pelakunya terhadap keburukan yang membawa akibat celaka di akhirat yakni masuk neraka.

DAFTAR PUSTAKA
Al-Qur’an al-Karim
Adlaby, Salah al-Din Ibn Ahmad, Manhâj Naqd al-Matn, Beirut: Dâr al-‘Afaq al-Jadîdah, 1983.

Amin, Muhammadiyah, Menembus Lailatul Qadr: Perdebatan Interpretasi Hadis Tekstual dan Kontekstual, Cet. I; Makassar: Melania Press, 2004.

al-Asqalany, Syihab al-Din Ahmad Ibn Ali Ibn Hajar, Tahdzîb al-Tahdzîb, Juz IV; Beirut: Dâr al-Fikr, 1404 H/1984 M.

al-Ghazali, Syaikh Muhammad, Al-Sunnah al-Nabawiyyah Baina Ahl al-Fiqh wa Ahl al-Hadis, diterjemahkan oleh Muhammad al-Baqir dengan judul Studi Kritis atas Hadis Nabi saw.: Antara Pemahaman Tekstual dan Kontekstual, Cet. VI; Bandung: Mizan, 1998.

al-Jauziyyah, Ibnu Qayyim, Madârij al-Sâlikîn bayna Manzili Iyyaka Na’budu wa Iyyaka Nasta’in, Beirut: Dâr al-Fikr, 1408.

al-Mizziy, Jamaluddin Abi Al-Hajjaj Yusuf, Tahdzîb al-Kamâl fi Asmâ al-Rijâl, Jilid XXXIV; Beirut: Muassasah al-Risâlah, 1413 H/1996 M.

al-Naysaburi, Abu Husain Muslim Ibn Al-Hajjaj Al-Quraysyi, Shahîh Muslim, Juz III; Bandung: Syarikah al-Ma’ârif, t.th.

al-Qusyairiy, Abu al-Qasim, Al-Risâlah al-Qusyairiyah fi ‘Ilm al-Tashawwuf, Beirut: Dâr al-Khaîr, t.th.

al-Shalih, Shubhi, ‘Ulûm al-Hadîts wa Musthalâhuhu, Cet. V; Beirut: Dâr al-‘Ilm li Al-Malâyîn, 1969.

al-Siba’iy, Musthafa, al-Sunnah wa Makânatuhâ fi Tasyri’ al-Islâm, al-Qahirah: Min al-Syarq wa al-Garb, 1368 H/1949 M.

al-Syaybani, Abu Abdullah Ahmad Ibn Hanbal Ibn Hilal, Musnâd Ahmad, Juz XXI, Beirut: Dar al-Fikr, t. th.

al-Thahhân, Muhammad Mahmûd, Ushûl al-Takhrîj al-Hadîs al-Nabawiy, Cet. I; Mesir: Bâb al-Halabiy wa Awlâduh, t.th.

________, Ushûl al-Takhrîj wa Dirâsat al-Asânid, Halb: Mathba’ah al-‘Arabiyah, 1979.

CD. Digital Maktabah al-Syamilah.

Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir Al-Qur'an, 2003.

Gazali, M. Bahri dan Djamadris, Hadis Tarbawiy, Cet. I; Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya, 1995.

Ibn Zakariya, Abu al-Husayn Ahmad Ibn Faris, Mu’jâm Maqâyis al-Lughah, Jilid II; Beirut: Dâr al-Jil, 1411 H/1991 M.

Ibn Ma’kaula, Ikmâl al-Kamâl, Juz V; t.tp., t.th.

Ilyas, Yunahar, Kuliah Akhlaq, Cet. VII; Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pangamalan Islam [LPPI], 2005.

Ismail, M. Syuhudi, Metodologi Penelitian Hadis Nabi, Cet. I; Jakarta: Bulan Bintang, 1992.

Izutsu, Toshihiko, Ethico-Religious Concepts in the Qur’an, diterjemahkan oleh Mansarddin Djoely dengan judul “Etika Beragama dalam Al-Qur’an” Cet. I; Jakarta: Pustaka Firdaus, 1993.

________, God and Man in the Qur’an yang telah diterjemahkan dengan judul “Relasi Tuhan dan Manusia dalam Al-Qur’an”, Cet. I; Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2003.

Steingass, F., Arabic-English Dictionary, Cet. II; New Delhi-India: Cosmo Publications, 1978.

Wensinck, A. J., Concordance et Indices de la Tradition Musulmane, dialih bahasakan oleh Muhammad Fuad Abd al-Baqi dengan judul Mu’jâm Mufahras li Alfâz al-Hadîs al-Nabawiy, Jilid III; Leiden: E. J. Brill, 1969.


======================== ar ==========================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar